Berwisata di Bukit Batu Hiu

Posted on

Merupakan salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang ada di Pangandaran, lokasi nya berada di 14 km dari pusat kota Pangandaran dengan waktu tempuh 30 menit tepatnya di Desa Ciliang Kec. Parigi Kabupaten Pangandaran. Batu Hiu ini merupakan salah satu destinasi yang cukup ramai di kunjungi oleh wisatawan. Spot utama dari destinasi wisata ini adalah sebuah bukit yang berada tepat di depan pantai, yang mana bukit ini memiliki keindahan yang begitu luar biasa dan tidak kalah menarik dari destinasi wisata lain.

Batu Hiu
Batu Hiu

Hal yang paling menarik perhatian yang akan membuat orang terkagum dengan keindahan destinasi wisata ini. Di Batu Hiu Anda akan menemukan hamparan pantai yang indah nan luas dengan angin sepoy-sepoy dan petung ikan hiu yang sedang membuka mulut nya sangat lebar, ketika Anda masuk seakan Anda dimakan oleh patung ikan hiu tersebut. Pasti Anda akan berfikiran bahwa yang patung terebut yang menjadi alasan sebagai nama dari Batu Hiu.

Bukit Batu Hiu
Bukit Batu Hiu

Kami sarankan Anda masuk ke dalam perut hiu dan naik ke bukit tersebut, ada beberapa buah anak tangga disana sebagai fasilitas yang membantu Anda untuk bisa sampai di atas bukit. Tidak akan menguras tenaga terlalu banyak, karena jarak dan ketinggian bukit ini tidak jauh atau tinggi. Olahraga sedikit saja tidak apa – apa ya. Hehe

Setelah sampai di atas bukit, istirahat  sejenak dan rasakan angin sepoy-sepoy yang datang dari luasnya samudera hindia di tambah ada pohon yang tumbuh tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai alat peneduh Anda pada saat diatas bukit batu hiu. Kami yakin Anda akan terkagum-kagum ketika berada di atas bukit batu hiu, kenapa tidak keindahan nya memang sangat luar biasa bagi Anda yang suka mengabadikan momen dimanapun dan kapanpun cocok sekali ya kalau di batu hiu ini mengambil gambar sebanyak yang Anda suka, tentu saja spot foto disini bagus-bagus.

Berjalan dengan pelan ke aras kiri (ke arah timur) sambil merasakan suasana yang langka Anda akan melihat batu di tengah laut, dengan jarak sekitar 150 meter dari pantai. Batu tersebut merupakan batu yang konon dulunya mirip dengan ikan hiu. Nama Batu Hiu sendiri bukan di ambil dari patung hiu yang sedang membuka mulutnya, tetapi batu yang ada di tengah laut tersebut asal muasal nama batu hiu di ambil.

Bukit Batu HIu
Bukit Batu HIu

Disamping memiliki pemandangan yang indah, ternyata bukit batu hiu memiliki cerita atau legenda yang menjadi sejarah nama batu hiu di ambil. Tepat di sebelah utara bukit batu hiu ada beberapa petilasan, seperti hal nya disini terdapat makam keramat dan yang pasti menurut masyarakat setempat merupakan petilasan tokoh dengan kaitan yang melekat dengan batu hiu. Banyak sekali mitos-mitos yang masih di percaya oleh masyarakat batu hiu.

Menurut keterangan dari legenda yang kami dapatkan, pada abad ke 11 ada sbuah kelompok yang menjadi korban buangan sebuah kerajaan Mataram di bawah naungan atau di pimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede di batu hiu ini. Aki Gede dan Nini Gede beserta rombongan memutuskan untuk tinggal untuk sementara waktu di tempat ini, sang pemimping Aki Gede memerintahkan pasukan untuk sesegera berangkat mencari bahan makanan.salah satu di antara pasukan memutuskan untuk mencari bahan makanan ke laut. Anggota pada salah satu pasukan tersebut bernama Ki Braja Lintang dan memutusakan untuk mencari ikan di laut untuk dijadikan santapan makan mereka. Hal tersebut terbukti, Ki Braja Lintang mendapatkan seekor ikan hiu yang ia dapatkan di laut. Tentu saja Aki Gede dan Nini Gede mengetahui hal itu. Namun hasil tangkapan Ki Braja Lintang harus di kembalikan karena perintah dari Aki Gede dan Nini Gede, dikembalikan atau di leaskanlah ikan hiu tersebut ke laut namun ikan tersebut berubah menjadi batu berwarna hitam dengan ukuran cukup

Hamock di Bukit Batu Hiu
Hamock di Bukit Batu Hiu

besar dan akhirnya berbentuk ikan hiu. Bisa Anda lihat di Batu Hiu, hanya saja untuk saat ini tidak lagi mirip dengan ikan hiu karena terkikisnya oleh deburan ombak yang menabrak batu tersebut secara terus-menerus.  Namun hal itu tidak mempengaruhi terhadap kunjungan para wisatawan, bahkan dengan keindahan yang begitu memukau, destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung setiap musim libur atau pun hari – hari biasa.

Yuk, jangan lupa agendakan wisata Anda dan pilih Pangandaran sebagai tujuan wisata Anda coba sensasi yang mungkin jarang Anda temukan setiap hari. Destinasi wisata batu hiu harus ada di list agenda wisata Anda. terima kasih sudah mampir di web kami, semoga berwisata Anda selalu menyanangkan ya.